Proyek Infrastruktur: Kontraktor Swasta Diminta Lebih Berperan Besar

Pemerintah mendesak supaya kontraktor swasta nasional lebih berperan besar besar dalam proyek- proyek pembangunan infrastruktur.

Untuk lebih mendorong peranan swasta, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaksanakan pembinaan peningkatan profesionalitas kontraktor nasional baik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ataupun swasta.

Salah satu metode yang ditempuh yaitu melalui penawaran paket pekerjaan di Kementerian PUPR yang sebagian besar nilai pekerjaannya di bawah Rp 100 miliar sehingga kontraktor swasta dengan kualifikasi usaha kecil serta menengah (UKM) dapat berpeluang ambil bagian di dalamnya.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan dari keseluruhan perhitungan pembangunan infrastruktur Kementerian PUPR yang mencapai Rp 120 triliun pada 2020, ada 7. 426 paket kontraktual senilai Rp 93, 5 triliun yang dilelang.

Basuki mengungkapkan sejak 6 November 2019 hingga 29 Januari 2020 tercatat sebanyak 3.086 paket senilai Rp 36,2 triliun telah dilakukan lelang dini.

“Secara simbolis 100 paket kontrak atau senilai Rp 4,8 triliun ditandatangani secara serentak disaksikan Presiden Joko Widodo dan 95 persennya merupakan kontraktor-kontraktor lokal yang hadir,” katanya di acara Rapimnas Gapensi di Jakarta, seperti dikutip dalam keterangan resmi, Kamis (30/1/2020).

Menurutnya, proyek dengan nilai investasi di bawah Rp 100 miliar di sebuah daerah harus dikerjakan oleh kontraktor dari daerah yang sama.

“Yang proyeknya di Kendari perusahaannya dari Kendari, yang ada di Wonosari perusahaannya dari Wonosari Gunung Kidul, yang ada di Merauke perusahannya dari Jayapura, bukan dari luar,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Basuki juga mengapresiasi peran Gapensi (Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia) yang turut membina para kontraktor secara manajerial dan memastikan akan terus berkolaborasi dalam penyelenggaraan infrastruktur Indonesia.

QFS Indonesia merupakan salah satu Penyedia Badan Sertifikasi ISO, Akan membantu Bisnis dan Organisasi Anda dalam menerapkan dan tersertifikasi ISO dengan proses mudah

Mau Proses Sertifikat ISO dengan Proses Mudah, Valid Absah Plus bisa dapat Dokumen Pendukung ISO serta Pelatihan ISO ?
Untuk lebih lanjut, silahkan hubungi kami