Sertifikasi ISO 45001

Sertifikat ISO 45001

Sertifikat ISO 45001

Sertifikat ISO 45001 – Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3), adalah standar global terbaru yang akan memberikan kerangka kerja bagi organisasi / perusahaan untuk meningkatkan karyawan Kesehatan, keselamatan, mengurangi risiko kecelakaan kerja dan menciptakan kondisi kerja yang lebih baik dan aman, di seluruh dunia.

ISO 45001: 2018 akan mengikuti Annex SL-structure tingkat tinggi yang telah diterapkan pada standar sistem manajemen Sertifikasi ISO lainnya yang saat ini diperbarui, seperti Sertifikasi ISO 9001: 2015 dan ISO 14001: 2015.

Sertifikat ISO 45001 telah dikembangkan dengan perkembangan industri dan modernisasi bahaya kesehatan dan kecelakaan akibat kelalaian terus meningkat dari hari ke hari. Karena ini, tingkat kematian terus meningkat dari hari ke hari.

Standar ISO 45001 memungkinkan organisasi untuk menunjukkan kepada pelanggan mereka, pekerja, regulator dan masyarakat bahwa mereka secara proaktif mengelola kesehatan dan keselamatan pekerja mereka secara sistematis.

Standar ISO 45001 telah diterbitkan pada 12 Maret 2018. Standar ISO 45001 adalah Sertifikasi internasional K3 pertama di dunia dan memberikan penekanan pada partisipasi aktif untuk meminimalkan bahaya bagi pekerja melalui Kepemimpinan dan Partisipasi, memahami konteks bisnis mengambil tindakan untuk mengelola risiko dengan mengikuti semua persyaratan Sertifikat ISO 45001 standar internasional dan mendapatkan sertifikasi.

Ingin Mendaftar untuk Sertifikasi ISO 45001?

KLIK DISINI

ISO 45001 – SEKILAS

  • ISO 45001 adalah Standar Internasional K3 pertama di dunia yang diterbitkan oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi.
  • Membangun lingkungan yang aman dan sehat bagi pekerja dan pemangku kepentingan dan membantu mencegah kematian, cedera, dan kesehatan yang terkait dengan pekerjaan dengan terus meningkatkan kinerja K3 dengan menerapkan dan Standar Sertifikat ISO 45001.
  • Tunjukkan komitmen terhadap kesehatan dan keselamatan di tempat kerja dan terus tingkatkan praktik K3 Anda
  • Mengurangi waktu henti dan biaya yang terkait dengan insiden terkait tempat kerja

Manfaat Implementasi 

Menerapkan sistem manajemen yang memenuhi persyaratan standar dapat membantu bisnis Anda untuk

  • Memberikan kejelasan tentang masalah sistem manajemen Sertifikat ISO 45001
  • Tingkatkan keterlibatan kepemimpinan dan partisipasi pekerja dalam sistem manajemen K3
  • Menerapkan pemikiran berbasis risiko untuk sistem manajemen ISO 45001 serta untuk risiko SMK3
  • Sejajarkan kebijakan dan sasaran ISO 45001 dengan arah strategis organisasi Anda
  • Integrasikan sistem manajemen OH&S ke dalam sistem dan proses bisnis Anda
  • Sederhanakan bahasa, struktur umum, dan ketentuan di seluruh sistem Anda yang menyediakan satu bahasa umum melalui standar ISO 45001.
  • Tunjukkan kepada pelanggan Anda, pemangku kepentingan, dan komunitas komitmen Anda untuk meningkatkan keseluruhan

SMK3 – Kinerja Sertifikat ISO 45001

ISO 45001 Sistem Manajemen Anda Dapat Membantu Anda:

  1. Bangun kepercayaan dan integritas merek dengan memberikan jaminan pihak ketiga bahwa sistem manajemen Anda memenuhi persyaratan standar internasional
  2. Tunjukkan kepada pelanggan, pemasok, staf, dan komunitas global Anda bahwa sistem manajemen Anda mematuhi standar internasional.
  3. Tunjukkan kemampuan dan berikan jaminan dalam tender, kemitraan komersial, dll.

Mengapa Perusahaan Anda Harus Tersertifikasi ISO 45001?

Sertifikat ISO 45001 baik Untuk menunjukkan kepada pekerja Anda, komunitas, pelanggan Anda, regulator dan orang-orang lain yang tertarik komitmen organisasi Anda untuk menyediakan tempat kerja di mana risiko sakit atau cedera pada pekerja Anda, komunitas, pelanggan dihilangkan atau diminimalkan.

  • Sertifikat ISO 45001 Membantu dalam memenuhi persyaratan uji tuntas perusahaan dan hokum
  • Penerapan dan Sertifikat ISO 45001 Meningkatkan kemampuan Anda untuk mengelola kepatuhan terhadap peraturan
  • Ini Mengurangi keseluruhan biaya insiden
  • Mengurangi waktu henti dan biaya gangguan pada operasi
  • Memperbaiki manajemen kontraktor
  • Membantu dalam memenuhi persyaratan uji tuntas dan membantu menghindari biaya yang terkait dengan penalti dan litigasi
  • Mengurangi biaya premi asuransi
  • Mengurangi tingkat absensi dan turnover karyawan
  • Diakui karena telah mencapai tolok ukur internasional (yang pada gilirannya dapat memengaruhi pelanggan yang peduli akan tanggung jawab sosial mereka)

Perbedaan Antara Standar ISO 45001 dan Standar OSHAS 18001

Keduanya serupa tetapi berbeda. Sama-sama menggunakan pendekatan terstruktur untuk meningkatkan SMK3. Keduanya fokus pada identifikasi, penilaian, dan pengendalian risiko di tempat kerja. Dan keduanya menekankan peningkatan berkelanjutan melalui pengurangan risiko. Tetapi ISO 45001 berbeda dari OHSAS 18001 dalam satu bidang utama: Ia menggunakan struktur tingkat tinggi yang sama dengan standar internasional lainnya, termasuk ISO 9001 dan ISO 14001.

ISO 45001 membantu perusahaan mengelola keselamatan dengan mengharuskan mereka memandang pengurangan risiko sebagai proses bisnis alih-alih sebagai standar tradisional. Standar ini juga membantu para eksekutif mengelola risiko melalui manajemen peluang — semuanya sambil menekankan peran kepemimpinan dan manajemen perusahaan dan kebutuhan untuk perbaikan berkelanjutan.

Karena ISO 45001 memiliki struktur tingkat tinggi yang sama dengan standar lain, mudah untuk diintegrasikan dengan sistem manajemen yang ada. Jika Anda bersertifikat OHSAS 18001, Anda harus bermigrasi ke ISO 45001 untuk tetap tersertifikasi. Rintangan untuk melakukan hal itu sering kali datang dari manajer yang tidak memahami tujuan standar yang sebenarnya: ISO 45001 sangat ideal untuk perusahaan yang tertarik untuk meningkatkan keselamatan di tempat kerja mereka.

ISO 45001: Dibuat Khusus untuk Industri Konstruksi

ISO 45001 dibuat khusus untuk industri konstruksi. Ini menyelaraskan persyaratan inti dengan ISO 9001, menyederhanakan implementasi, meningkatkan manajemen keselamatan holistik, dan mencerminkan aspek Peraturan Konstruksi (Desain dan Manajemen) 2015 (CDM 2015). Selain itu, ISO 45001 dapat disesuaikan untuk mencakup banyak kombinasi beberapa kontraktor di satu lokasi dan berlaku sama untuk organisasi besar dan UKM.

Manfaat signifikan dari ISO 45001 adalah bahwa ia menekankan peran kontraktor utama dalam meningkatkan kesehatan dan keselamatan kerja di lokasi. Kontraktor tidak dapat mengontrol semua yang ada di lokasi, tetapi itu tidak membuat mereka lolos.

Standar ini juga menekankan pentingnya partisipasi pekerja — termasuk kontraktor dan karyawan langsung — dalam proses peningkatan berkelanjutan. Keterlibatan mereka dalam pengambilan keputusan K3 sangat penting untuk identifikasi bahaya dan manajemen risiko.

Saat ini Masih Tersertifikasi OHSAS 18001 ?

Jika Anda di sertifikasi untuk standar OHSAS 18001 dan ingin mendapatkan Sertifikasi ISO 45001, Anda harus bermigrasi dalam waktu 3 tahun sejak tanggal dikeluarkannya standar ISO 45001.

Anda harus mulai menerapkan standar ISO 45001 di organisasi Anda hari ini untuk Sertifikasi ISO 45001.

Intinya

Menerapkan Standar ini adalah keharusan bagi kontraktor. Ini memberikan keuntungan komersial dan perusahaan yang meningkatkan keamanan dan meningkatkan keuntungan. Tetapi standar baru tidak meningkatkan SMK3 sendirian. Dibutuhkan pelatihan dan kerja keras jika Anda baru dalam sertifikasi SMK3.

Lakukan transisi ke ISO 45001 dan Anda akan menikmati semua manfaat yang datang dengan meningkatkan SMK3 di tempat kerja. Plus, itu membantu Anda memenangkan lebih banyak pekerjaan lelang dan tender, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan produktivitas Anda — semua melindungi aset terbaik Anda: pekerja Anda. Begitulah cara setiap orang pulang bekerja dengan aman dan selamat

Bingung tentang dokumentasi dan implementasinya ?

Hubungi QFS Indonesia, Badan Sertifikasi ISO  di, kami akan membantu Anda menjangkau sumber yang tepat untuk membantu Anda dalam dokumentasi, Implementasi, dan Pelatihan untuk membuat organisasi Anda siap untuk Sertifikasi ISO 45001. Proses Mudah, Jaminan Sertifikasi Absah 100%

 

error: Content is protected !!