Terapkan Sistem Manajemen Keamanan Informasi, MIND ID Dapatkan Sertifikasi ISO 27001


Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Industri Pertambangan Mining Industry Indonesia (MIND ID) terus berupaya melindungi dan mengelola informasi perusahaan. Direktur Pengembangan Usaha MIND ID Dilo Seno Widagdo mengatakan, menjaga keamanan data dan informasi dan melindungi dokumen perusahaan sangat penting karena bisa berujung pada peningkatan citra perusahaan. Oleh karenanya, MIND ID menerapkan sistem manajemen keamanan informasi atau dikenal dengan Information Security Management Systems (ISMS).

Sistem tersebut telah diakui Societe Generale de Surveillance (SGS) sehingga MIND ID mendapatkan Sertifikat ISO 27001 yang berstandar internasional pada akhir Agustus 2022. “Penerapan ISMS merupakan bentuk konsistensi kami untuk mencapai kepatuhan dan mengelola risiko keamanan secara efektif, serta menjaga kepercayaan stakeholder,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (15/9/2022).

Adapun ISMS merupakan seperangkat sistem yang saling terkait dengan organisasi atau perusahaan. Sistem tersebut digunakan untuk mengelola dan mengendalikan risiko keamanan informasi guna melindungi serta menjaga kerahasiaan, integritas, serta ketersediaan data dan informasi. Selain Sertifikat ISO 27001:2013 yang diberikan SGS dan Komite Akreditasi Nasional (KAN), MIND ID juga memperoleh Standar Nasional Indonesia (SNI) ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP).

SNI ISO 37001:2016 dirancang untuk membantu organisasi menetapkan, menerapkan, memelihara, dan meningkatkan program antisuap guna memerangi penyuapan dan dampaknya. Dengan Sertifikasi SNI ISO 3700:2016 tersebut, seluruh pegawai MIND ID mematuhi kebijakan antisuap dan antikorupsi dengan mengikuti prinsip-prinsip, seperti proporsional, komitmen dari manajemen puncak, penilaian risiko, uji kelayakan, komunikasi, pengawasan, dan review.

Dilo pun memberi selamat seluruh pegawai MIND ID yang terlibat, baik secara langsung maupun tidak langsung, dalam upaya memperoleh sertifikasi standar internasional. “MIND ID akan terus berkembang dan berkomitmen menjalankan setiap operasional perusahaan sesuai dengan prinsip tata kelola yang baik, termasuk menjamin dan memegang teguh kepercayaan para stakeholder,” terangnya.

Dilo berharap, hal tersebut sejalan dengan noble purpose MIND ID, yakni “We explore natural resources for civilization, prosperity, dan brighter future”. Adapun Pencapaian MID tersebut juga menjadi bentuk kerja sama dengan anggotanya, yakni PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero), dan PT Timah Tbk. Selain itu, perolehan sertifikasi tersebut juga menjadi langkah MIND ID untuk memenuhi mandat pemerintah dalam menjadikan MIND ID sebagai perusahaan kelas dunia.

Sumber : Kompas.com

QFS Indonesia merupakan salah satu Badan Sertifikasi ISO, Akan membantu Bisnis dan Organisasi Anda dalam

menerapkan dan tersertifikasi ISO dengan proses mudah

Mau Proses Sertifikat ISO dengan Proses Mudah, Valid Absah Plus bisa dapat Dokumen Pendukung ISO serta

Pelatihan ISO?

Untuk lebih lanjut, silahkan hubungi kami.