Prodia Food Health Laboratory Akhirnya Resmi Terakreditasi ISO 17025


PT Prodia OHI telah memperoleh Akreditasi ISO 17025 untuk unit Layanan Prodia Food Health Laboratory yang berada di Denpasar. Hal ini diumumkan Direktur PT. Prodia OHI, Ibu Bertha Pangaribuan dalam sambutannya pada Launching ISO 17025:2017 Food Health Laboratory di Swiss-Belresort Watu Jimbar Senin siang.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan sertifikat ISO secara simbolis dari Ibu Dr. Bertha Pangaribuan, M.Si selaku Direktur PT. Prodia OHI International kepada Ibu Jeanny selaku kepala cabang Prodia FHL.

Acara ini dihadiri oleh jajaran komisaris Prodia Group, sister company, dinas instansi terkait, serta perusahaan dan pelanggan yang telah bekerjasama. Sekaligus merupakan ajang temu pelanggan yang rutin dilakukan Prodia OHI untuk lebih memahami kebutuhan para pelanggan dan mendorong kolaborasi, khususnya di bidang keamanan pangan.

Acara ini masih merupakan rangkaian dari seminar keamanan pangan yang telah dilakukan pada 6 Juli lalu dengan judul “Pangan Aman untuk Kesehatan Lebih Baik”.

Penandatanganan

Pada launching ISO 17025 Food Health Laboratory ini, juga dilaksanakan penandatangan kerjasama antara Universitas Udayana dan Prodia OHI dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan masyarakat.

Bapak Andi Wijaya (Komisaris Utama Prodia) menyatakan bahwa kualitas adalah hal yang utama bagi Prodia, karena itu semboyan Prodia Group adalah Love for Quality. Hal ini sejalan dengan komitmen Prodia FHL sebagai laboratorium terakreditasi ISO 17025.

Drs. I Made Bagus Gerametta, Apt (Kepala BPOM Denpasar) yang diwakili oleh Ibu Lilis Purwanti, S.Farm., Apt dari Balai Besar POM Denpasar mengucapkan selamat atas terakreditasinya FHL sebagai laboratorium penguj. Hal ini merupakan pengakuan formal sebagai laboratorium yang kompeten dan hasilnya dapat diakui baik di dalam maupun luar negeri.

Dengan adanya akreditasi tersebut, Prodia FHL diharapkan dapat bersinergi mendukung program pembangunan nasional, khususnya dalam pengembangan UMKM dalam pengujian produk pangan yang akan diregisterasi maupun untuk pengujian quality control sample pangan bagi pelaku usaha di bidang makanan & minuman.

Pada kesempatan ini PLT Kepala Dinas Kesehatan Ibu Tri Indarti, SKM yang diwakili oleh Bapak Wayan Sukrayasa., SKM., M.Si juga memberikan apresiasi kepada Prodia FHL. Beliau menyatakan hal ini merupakan implementasi Surat Edaran Metrei Kesehatan No 133 yang mewajibkan seluruh UPTD tes primer baik puskesmas, klinik dan laboratorium harus terakreditasi paling lambat Februari 2023.

Dengan telah terakreditasinya layanan Prodia FHL, semakin melengkapi layanan Prodia OHI yang telah memiliki akreditasi ISO 17025 untuk laboratorium Indtox yang juga telah teregisterasi di Kementrian Lingkungan Hidup sebagai laboratorium lingkungan.

Keamanan Pangan

Keamanan pangan adalah kepentingan semua orang. Dengan demikian, semoga kehadiran Prodia FHL di Bali dapat memberikan kemudahan aksesibilitas terhadap lab pangan terakreditasi di Bali dan wilayah timur Indonesia serta mendukung secara aktif implementasi occupational nutrition di tempat kerja.

Prodia FHL Prodia Food Health Laboratory yang disingkat Prodia FHL, merupakan salah satu unit layanan milik PT. Prodia OHI International. Prodia FHL yang berlokasi di Jl. Danau Buyan No. 10, Sanur, Denpasar Selatan, Bali.

Berdiri sejak tahun 2018, layanan ini didirikan untuk memusatkan layanan pada pengujian kualitas dan keamanan pangan. Di antaranya terhadap makanan, minuman, lingkungan, serta higienis dan sanitasi.

Layanan unggulan dari Prodia FHL terdiri atas pemeriksaan mikrobiologi, pemeriksaan kimia, serta pemeriksaan nilai gizi. Pemeriksaan mikrobiologi di antaranya terdiri dari pemeriksaan E. coli, Coliform, Total Plate Count, Yeast & Molds, Bacillus, Staphylococcus aureus, Enterobacteriaceae, Salmonella, dan Listeria monocytogenes.

Pemeriksaan kimia dilakukan untuk mendeteksi kadar bahan kimia dalam suatu produk.

Seperti diketahui, sejumlah bahan kimia telah diatur kadarnya dan dibatasi. Di antaranya bahan kimia berupa bahan tambahan pangan, etanol dan metanol, hingga senyawa kimia lain yang memerlukan perhatian khusus seperti logam berat dan histamin. Analisis gizi dalam makanan dan bahan pangan dilakukan untuk menilai kadar karbohidrat, protein, lemak, kalori total serta vitamin dan mineral.

Kebutuhan Masyarakat

Memperhatikan kebutuhan masyarakat, perusahaan dan pelaku usaha di Bali khususnya dan Indonesia secara keseluruhan akan pengujian dari laboratorium pangan yang terakreditasi, Prodia FHL senantiasa berupaya meningkatkan kualitas layanannya.

Dengan komitmen untuk menyediakan layanan yang bermutu dan terpercaya, Prodia FHL secara berkala mengirimkan hasil uji sampelnya ke Food Analysis Performance Assessment Scheme (FAPAS), yang merupakan lembaga proficiency testing untuk laboratorium pangan yang diakui dunia internasional.

Upaya tersebut dilanjutkan pada tahun 2020 untuk memulai proses pengajuan akreditasi laboratorium penguji ISO/IEC 17025:2017 dan hasilnya, pada bulan Juli 2022, Prodia FHL telah terakreditasi ISO/IEC 17025:2017.

Keamanan Pangan

Keamanan pangan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia, dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat sehingga aman untuk dikonsumsi.

Merujuk pada organisasi kesehatan dunia (WHO), setiap tahunnya diperkirakan 600 juta orang di dunia menderita penyakit bawaan makanan setelah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi oleh mikroorganisme atau bahan berbahaya dan 420.000 diantaranya meninggal dunia.

Di Indonesia, pemberitaan mengenai kasus keracunan makanan juga dapat kita temukan di beberapa daerah. Keadaan ini menunjukkan bahwa keamanan pangan merupakan salah satu isu sentral yang berkembang di tengah masyarakat global.

Tentang PT Prodia OHI International

Prodia OHI International adalah salah satu anak perusahaan dari Prodia Group yang berfokus pada layanan pemeriksaan kesehatan kerja dan kedokteran okupasi. Prodia OHI didirikan tahun 2008.

Visi Prodia OHI adalah menjadi layanan kesehatan kerja terbaik dan terbesar, terdepan dan terkemuka dalam layanan kedokteran okupasi. Misinya adalah menjadi layanan kesehatan kerja yang holistik dan komprehensif dengan kualitas lebih baik.

Untuk itu, Prodia OHI memiliki sejumlah unit pelayanan kesehatan untuk mendukung kebutuhan klien dalam memperoleh layanan kesehatan kerja dengan kualitas yang lebih baik. Prodia memiliki 2 klinik kedokteran okupasi, 1 laboratorium okupasi, dan 1 laboratorium kesehatan masyarakat.

Unit-unit tersebut adalah Prodia Occupational Health Centre (Prodia OHC) Jakarta di Menara Palma, Rasuna Said Kuningan, Jakarta Selatan; Prodia OHC Jababeka yang terletak di jantung salah satu kawasan industri terbesar di Indonesia, di Jababeka Cikarang; Laboratorium Toksikologi Industri (Prodia Industrial Toxicology Laboratory) di lokasi yang sama dengan Prodia OHC Jababeka; dan Laboratorium Kesehatan Pangan (Prodia Food Health Laboratory) di Sanur, Bali.

Lab Prodia IndTox telah diakui sebagai laboratorium terakreditasi ISO 17025 sejak tahun 2019 yang lalu, dan menyusul Prodia FHL saat ini telah menjadi lab terkreditasi ISO 17025.

6 layanan Prodia OHI

1. Medical surveillance atau lebih dikenal sebagai medical check-up yaitu program pemeriksaan medis dan tes yang dirancang untuk mendeteksi dini gangguan kesehatan yang mungkin terjadi akibat pajanan di tempat kerja.

2. Electronic Health Data Management (e-HDM) yang merupakan aplikasi berbasis web untuk menganalisis hasil pemeriksaan medis secara mandiri, serta mengelola upaya tindak lanjut setiap karyawan dan membantu manajemen untuk menyiapkan rencana strategis yang berkaitan dengan kesehatan karyawan. Ketersediaan aplikasi ini sangat terkait dan sangat membantu keseluruhan program pemeriksaan kesehatan pekerja. Manajemen atau dokter perushaan dapat membandingkan data kesehatan individu dari waktu ke waktu.

3. Factory clinic management yang merupakan layanan manajemen untuk klinik perusahaan (inhouse clinic) seperti penyediaan staf medis inhouse (seperti dokter dan perawat) berdasarkan kebutuhan klien. Staf medis kami akan siaga di lokasi operasinal untuk memberikan layanan medis dan memastikan bahwa semua personel di lokasi memiliki akses ke perawatan medis dan darurat.

4. Hazard identification and risk assessment (HIRA) atau identifikasi bahaya potensial dan penilaian risiko di tempat kerja. Didalamnya merupakan layanan environmental monitoring (ENM) monitoring lingkungan kerja. Tidak seperti tiga layanan pertama yang difokuskan pada pekerja, layanan khusus ini didedikasikan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan menilai lingkungan tempat kerja. Prodia IndTox Laboratorium merupakan unit bisnis yang memiliki kapabilitas untuk memberikan layanan ini.

5. Layanan pemeriksaan keamanan pangan yang dilakukan oleh Prodia FHL sebagai bentuk dukungan untuk mencegah pangan terkontaminasi oleh cemaran biologi, kimia, dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia sehingga aman untuk dikonsumsi.

6. Spesific OH program akan mencakup sejumlah layanan yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan spesifik perusahaan Anda seperti program konservasi pendengaran atau skrining kesehatan mental di tempat kerja. Sampaikan kepada kami apa yang menjadi kebutuhan Anda, dan kami akan mencoba memberikan alternatif solusinya.

Sumber : Liputan6.com

 

QFS Indonesia merupakan salah satu Badan Sertifikasi ISO, Akan membantu Bisnis dan Organisasi Anda dalam

menerapkan dan tersertifikasi ISO dengan proses mudah

Mau Proses Sertifikat ISO dengan Proses Mudah, Valid Absah Plus bisa dapat Dokumen Pendukung ISO serta

Pelatihan ISO?

Untuk lebih lanjut, silahkan hubungi kami.