Spesifikasi Teknis Baru Untuk Auditor ISO 45001

Bersamaan dengan terbitnya Standar Internasional pertama dunia untuk kesehatan dan keselamatan kerja, datang detail teknis untuk memastikan para auditor yang mengaudit sistem manajemen tersebut memenuhi kompetensi yang diperlukan.

ISO 45001, Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja– Persyaratan dengan pedoman untuk digunakan, membuat sejarah standardisasi ketika diterbitkan pada bulan Maret tahun ini. Saat ini, spesifikasi teknis pelengkap baru– ISO/ IEC TS 17021- 10– baru saja diterbitkan, mendeskripsikan keahlian serta wawasan yang dibutuhkan dari badan- badan yang mengaudit organisasi yang telah menjalankan standar kesehatan dan keselamatan berdasarkan ISO 45001.

ISO/ IEC TS 17021- 10, Penilaian kesesuaian– Persyaratan untuk badan yang menyediakan audit serta sertifikasi sistem manajemen– Bagian 10: Persyaratan kompetensi untuk audit serta sertifikasi sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja, dimaksudkan untuk menjamin pendekatan yang selaras dengan akreditasi sertifikasi ISO 45001.

Detail teknis baru tersebut tertuju untuk auditor, ataupun siapa pun yang membuat keputusan sertifikasi yang berhubungan dengan ISO 45001, serta pada akhirnya akan melayani sertifikasi, akreditasi serta badan pengatur dengan mengkonfirmasikan bahwa audit serta keputusan sertifikasi yang terkait dengan ISO 45001 sudah dilakukan oleh mereka yang memiliki kompetensi untuk melaksanakannya.

Catherine Montagnon, Co- Convenor dari kelompok kerja yang bertanggung jawab atas ISO/ IEC TS 17021- 10 serta Kepala delegasi Perancis yang ikut serta dalam pengembangan ISO 45001, menarangkan bahwa banyak dari mereka yang bertanggung jawab berdasarkan pengembangan detail teknis juga berkontribusi pada penulisan ISO 45001. Dengan begitu mereka memberikan manfaat dari pengetahuan serta pengalaman mereka yang luas.

“ISO 45001 berisi sejumlah persyaratan yang mana diperlukan keterampilan khusus yang terkait dengan kesehatan dan keselamatan kerja untuk dapat mengauditnya secara efektif, seperti yang berkaitan dengan terminologi, prinsip, konsep, alat dan teknik,” katanya.

“Oleh karena itu, perlu memiliki dokumen penilaian kesesuaian khusus untuk memastikan auditor memiliki keterampilan yang tepat untuk melakukan audit ini dengan baik.”

Dokumen ini menetapkan persyaratan kompetensi tambahan untuk personel yang terlibat dalam audit dan proses sertifikasi untuk sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (OH & S) dan melengkapi persyaratan ISO / IEC 17021-1 yang ada.

Tiga jenis fungsi sertifikasi dan personalia didefinisikan dalam dokumen ini sebagai berikut:

  • Auditor
  • personil meninjau laporan audit dan membuat keputusan sertifikasi
  • personil lainnya.

Dokumen ini berlaku untuk audit dan sertifikasi sistem manajemen K3 berdasarkan ISO 45001. Namun juga dapat digunakan dalam proses aplikasi kesehatan dan keselamatan kerja lainnya.

QFS Indonesia merupakan salah satu Penyedia Badan Sertifikasi ISO, Akan membantu Bisnis dan Organisasi Anda dalam menerapkan dan tersertifikasi ISO dengan proses mudah

 

Mau Proses Sertifikat ISO dengan Proses Mudah, Valid Absah Plus bisa dapat Dokumen Pendukung ISO serta Pelatihan ISO ?
Untuk lebih lanjut, silahkan hubungi kami