Proyek Jalan Ringroad IIB Dilanjutkan, Kontraktor Tunggu Kepastian Rupiah


Proyek yang dimulai tahun 2017 itu masih menyisakan 275 meter persegi lahan yang belum dibebaskan. Sedangkan anggaran yang dikucurkan tahun ini hanya Rp 2,2 miliar.

Nilai itu terbilang sangat kecil untuk penuntasan proyek Rp 29,364 miliar. Tahap pertama proyek tersebut sudah dikerjakan. Anggaran yang digunakan untuk penyemenan sepanjang 1 kilometer Rp 7,5 miliar. Makanya dari arah Jalan Kenyamukan sudah di beton sepanjang 1 kilometer. Tersisa 700 meter yang belum beton.

Kini proyek tersebut kembali dikerjakan. Pekerja proyek tampak sibuk melakukan pengecoran di kedua sisi jalan. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jalan Ringroad IIB, Reza mengatakan, pengerjaan tersebut sembari memasang jembatan belly. Keberadaan jembatan tersebut agar roda empat nantinya dapat melintas.

“Makanya digunakan jembatan belly, yang dipinjam dari provinsi,” ujarnya. Sekarang pihaknya menunggu kepastian dari Pemkab Kutim. Termasuk kontraktor pelaksana. “Kontraktor mengerjakan pelan-pelan sembari menunggu kepastian anggaran,” katanya.

Proyek tersebut seharusnya selesai tahun ini. Mengingat, masa jabatan kepala daerah berakhir pada Februari tahun depan. Apalagi, proyek yang harusnya berakhir akhir 2019 itu sudah alami perpanjangan kontrak hingga akhir tahun ini. “Waktu itu tidak ada anggaran untuk menyelesaikan. Makanya sempat tertunda,” ungkapnya.

Apabila ingin proyek rampung, pemerintah harus menyediakan anggaran kurang lebih Rp 17 miliar. Sehingga pemkab sangat diharapkan menganggarkan melalui APBD perubahan mendatang. “Yang jelas, kontraktor bersedia menyelesaikan. Tapi harus ada jaminan pembayaran ketika proyek rampung,” jelasnya.

Sementara itu, untuk pembebasan lahan yang tersisa, pihaknya juga masih menunggu. “Itu kebun kelapa sawit warga. Ditunggu saja kelanjutannya,” jelas dia.

QFS Indonesia merupakan salah satu Penyedia Badan Sertifikasi ISO, Akan membantu Bisnis dan Organisasi Anda dalam menerapkan dan tersertifikasi ISO dengan proses mudah

Mau Proses Sertifikat ISO dengan Proses Mudah, Valid Absah Plus bisa dapat Dokumen Pendukung ISO serta Pelatihan ISO ?
Untuk lebih lanjut, silahkan hubungi kami