Perbaikan Jembatan II Dompak Molor Setelah Lebaran Masih Terganggung Akibat Covid-19


Meskipun sudah melakukan rekayasa lapangan pada akhir April 2020 lalu, namun perbaikan kerusakan struktur Jembatan II Dompak, Tanjungpinang masih belum dapat dilaksanakan oleh  PT. Wassenar Karya Marga sebagai kontraktor. Kepala Seksi Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPP) Provinsi Kepri, Handoko fokus pekerjaan fisik baru dapat dilaksanakan setelah Lebaran Idul Fitri nanti.

“Awal memang kita targetkan pada Mei 2020 ini pekerjaan perbaikan sudah dilakukan. Namun karena Covid-19 kontraktor sedikit kesulitan untuk mendatangkan pekerja khusus,” ujar Handoko, Mingggu (10/5) di Tanjungpinang.

Dijelaskannya, pihak kontraktor sebenarnya telah melakukan rekayasa lapangan terkait kerusakan-kerusakaan yang akan diperbaiki pada sruktur Jembatan II Dompak, itu nanti. Bahkan mereka juga sudah menyewa salah satu rumah warga di sekitar Jembatan II Dompak sebagai tempat persiapan kerja. Masih kata Handoko, meskipun pekerjaan fisik belum terlaksana, namun kegiatan pendukung sudah berjalan.

“Sejumlah pekerja saat ini sedang membuat ponton ampung dari drum untuk mendukung pekerjaan di atas air nanti. Pihak kontraktor juga akan menggunakan jasa pekerja galangan Batam yang sudah memiliki keterampilan bekerja dibawah air,” jelas Handoko.

Ditambahkannya, dengan mundurnya pekerjaan fisik pada bulan Juni mendatang, tentu waktu kerja kontraktor menjadi lebih sempit. Karena hanya tersisa enam bulan. Karena perhitungan pihaknya, pekerjaan ini selesai dalam tempo delapan bulan. Ia berharap meskipun terjadi keterlambatan, proses perbaikan dapat diselesaikan oleh kontraktor tepat pada waktunya.

“Pekerjaan yang lama adalah pembersihannya, sedangkan untuk plat yang digunakan untuk memperbaiki tentu menggunakan sistem pesan setelah dilakukan pengukuran,” tutup Handoko.

Terpisah, Legislator Komisi III DPRD Kepri, Irwansyah meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPP) Provinsi Kepri untuk mempercepat proses perbaikan kerusakan Jembatan II Dompak, Tanjungpinang. Karena kerusakan pondasi jembatan tersebut sudah sangat parah, dan dikhawatirkan ambruk sebelum sempat diperbaiki.

“Kontraktor harus bergerak cepat tentunya untuk memperbaiki kerusakan infrastruktur tersebut. Jangan sampai, Jembatan II Dompak, Tanjungpinang roboh sebelum sempat diperbaiki,” ujar Irwansyah.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kepri tersebut menjelaskan, apa yang menjadi alasan pihaknya mendesak Pemprov Kepri untuk segera melakukan perbaikan pada infrastruktur tersebut. Karena seharusnya perbaikan ini sudah mulai dilaksanakan lewat APBD Perubahan Tahun Anggaran (TA) 2019 lalu. Namun karena sesuatu hal, rencana tersebut batal terlaksana. Artinya sudah hampir setengah tahun sejak pengesahan APBD Perubahan 2019 lalu.

“Meskipun lalu lalang kenderaan roda empat ditutup sementara, namun aktivitas kenderaan roda dua yang melintas tetap saja memberikan tekanan. Selain itu, tekanan air laut juga menjadi faktor yang turut mempengaruhi semakin parahnya erosi pada tiang jembatan,” jelas Irwansyah.

Disebutkannya, hasil investigasi Pusat Jalan dan Jembatan (Pusjatan), Jembatan II Dompak memiliki 192 tiang. Dari jumlah tersebut, 51 tiang dinyatakan keropos parah, empat tiang sudah putus, dan 137 tiang sudah mengalami korosi. Selain itu, konstruksi Jembatan juga memilki pondasi pilar sebanyak 40 tiang. Namun kondisi keseluruhan struktutur tiang jembatan sudah mengalami korosi. Masih dari kajian Pusjatan, perbaikkan kerusakkan Jembatan memerlukan waktu lebih kurang 200 hari kerja.

“Kita berharap perbaikan bise disegerakan. Sehingga aktivitas masyarakat melalui Jembatan II Dompak kembali dibuka sepenuhnya. Artinya semakin cepat proses perbaikan dilaksanakan, tentu semakin baik,” tutup Irwansyah.

QFS Indonesia merupakan salah satu Penyedia Badan Sertifikasi ISO, Akan membantu Bisnis dan Organisasi Anda dalam menerapkan dan tersertifikasi ISO dengan proses mudah

Mau Proses Sertifikat ISO dengan Proses Mudah, Valid Absah Plus bisa dapat Dokumen Pendukung ISO serta Pelatihan ISO ?
Untuk lebih lanjut, silahkan hubungi kami