Kontraktor Bengkulu Selatan Diduga Korupsi APBD 2018


CV Dian Bumi Pratama diduga korupsi dana APBD Kota Bengkulu tahun anggaran 2018 atas pembangunan/rehabilitasi sarana dan prasarana pokok unit perbenihan di lingkungan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bengkulu.

Berdasarkan penyidikan Sat Reskrim Polres Bengkulu, modus operandi bermula pada tanggal 20 Juli 2018 CV Dian Bumi Pratama memenangkan lelang pembangunan.

Dalam surat perjanjian kerja (SPK)  masa pengerjaan selama 150 hari terhitung mulai tanggal 20 Juli-26 Desember 2018. Namun, hingga tanggal 26 Desember 2018, pihak CV Dian Bumi Pratama tidak dapat menyelesaikan pekerjaan sehingga mengajukan addendum perpanjangan waktu pekerjaan sampai dengan 24 Januari 2019.

Pada pelaksanaannya pihak CV Dian Bumi Pratama juga tidak dapat menyelesaikan pengerjaannya sehingga pihak Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bengkulu melakukan pemutusan kontrak.

Sementara anggaran yang dicairkan sudah 2 (dua) kali, yaitu uang muka 25 persen sebesar Rp 237.993.000 dan termin 60 persen sebesar Rp 428.387.000, sehingga total dana yang telah dicairkan sebesar Rp 666.380.000.

Dari hasil opname pekerjaan oleh Tim PPHP untuk pekerjaan beton lantai kerja K 175 1:3:5 tidak ada, pekerjaan pembersihan akhir tidak dikerjakan oleh CV Dian Bumi Pratama, pengadaan calon induk ikan lele mutiara sesuai dengan spesifikasi, pengadaan calon induk ikan nila tidak sesuai dengan spesifikasi dalam RAB sehingga tidak diterina, bobot pekerjaan yang terlaksanakan 51,01 persen.

Dari hasil pemeriksaan fisik bangunan oleh ahli Independen Unihaz ditemukan kekurangan volume pekerjaan, sehingga berpotensi menimbulkan kerugian keuangan negara atau daerah.

Dari hasil penyidikan ditemukan dugaan kelebihan pembayaran dibanding dengan bobot pekerjaan yang telah dilaksanakan oleh CV Dian Bumi Pratama dan ditemukan kekurangan volume pekerjaan dibandingkan RAB.

Selanjutnya, untuk jumlah kerugian negara masih menunggu proses perhitungan kerugian keuangan negara yang sudah diajukan ke BPK RI perwakilan Bengkulu.

QFS Indonesia merupakan salah satu Penyedia Badan Sertifikasi ISO, Akan membantu Bisnis dan Organisasi Anda dalam menerapkan dan tersertifikasi ISO dengan proses mudah

 

Mau Proses Sertifikat ISO dengan Proses Mudah, Valid Absah Plus bisa dapat Dokumen Pendukung ISO serta Pelatihan ISO ?
Untuk lebih lanjut, silahkan hubungi kami