Kisah Startup: IDCloudHost, Platform yang Terima Modal Rp72 M dari Eks Bos Bukalapak


Setelah berbisnis dengan modal bootstrap sejak 2015, startup IDCloudHost saat ini mengantongi permodalan baru dari Init6, perusahaan investasi mantan Bos Bukalapak, Achmad Zaky.

Investasi bernilai kisaran 5 juta dolar AS (Rp72,2 miliar) itu akan perusahaan gunakan untuk memperluas jangkauan bisnis ke Asia, khususnya Asia Tenggara.

“Kami akan terus fokus memperkuat teknologi dan sumber daya manusia (SDM) untuk mendukung rencana dan strategi bisnis yang sudah kami tetapkan,” ujar CEO IDCloudHost, Alfian Pamungkas, Selasa (23/3/2021) dalam jumpa pers virtual.

Saat ini, IDCloudHost sudah mempunyai 100 ribu pelanggan di Indonesia dan sejumlah negara di Asia. Kliennya terdiri dari korporasi, UMKM, startup, sampai pengembang individu di Indonesia dan Asia. 10% di antaranya merupakan pelanggan internasional.

CMO IDCloudHost, Muhammad Mufid Luthfi menambahkan, “Dalam 2 tahun ke depan, kami menargetkan jumlah pelanggan lebih dari 1 juta.”

Startup penyedia layanan komputasi awan itu sebenarnya telah mempunyai pusat data (data center) di Indonesia (6 di Jakarta), Singapura, Hong Kong, Jepang, bahkan Inggris.

Para pemain raksasa sudah menggeluti pasar komputasi awan, seperti Amazon, Google, dan Alibaba. Untuk itu, IDCloudHost sedikit membedakan segmentasi pelanggan dengan membidik small-medium enterprise (SME) seperti UMKM dan startup.

Karena itu, pemasangan dan penggunaan solusi komputasi awan IDCloudHost lebih sederhana daripada produk-produk kompleks milik raksasa teknologi besar seperti Amazon, Google, dan Alibaba yang membidik pasar large enterprise.

Untuk memastikan keamanan solusi, IDCloudHost saat ini sedang berusaha memperoleh sertifikat ISO 27001. “Sehingga kemudahan (solusi) tidak mengabaikan fitur keamanan dari cloud itu sendiri,” ujar CTO IDCloudHost, Faisal Reza.

Sumber : Warta Ekonomi

QFS Indonesia merupakan salah satu Badan Sertifikasi ISO, Akan membantu Bisnis dan Organisasi Anda dalam menerapkan dan tersertifikasi ISO dengan proses mudah

Mau Proses Sertifikat ISO dengan Proses Mudah, Valid Absah Plus bisa dapat Dokumen Pendukung ISO serta Pelatihan ISO ?
Untuk lebih lanjut, silahkan hubungi kami.