Gunakan Teknologi BIM Standar Internasional, HKI Terima Sertifikat ISO 19650


Anak usaha PT Hutama Karya (Persero), PT Hutama Karya Infrastruktur atau HKI memperoleh Sertifikat ISO BIM 19650, Rabu (5/10/2022). Diterimanya sertifikat tersebut karena HKI telah mengimplementasikan Building Information Modelling (BIM) sesuai standar internasional yang berlaku. Sertifikat ISO 19650 diserahkan langsung oleh Managing Director British Standards Institution (BSI) ASEA Emmanuel Herve kepada Direktur Utama HKI Aji Prasetyanti.

Emmanuel mengucapkan selamat kepada HKI atas diterimanya sertifikat ISO 19650 BIM part 1 dan 2 serta mengapresiasi para tim tersebut. “Semoga HKI dapat melakukan perbaikan dari verifikasi ke Kitemark dalam memperoleh ISO BIM bagian 3, 4, dan 5,” ucap Emmanuel dilansir dari rilis, Rabu (2/10/2022).

Sementara itu, kata Aji, perolehan sertifikat ISO BIM merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk adaptif menggunakan teknologi terbaru di bidang konstruksi. “Kami yakin dengan implementasi BIM, proses perencanaan,  pengerjaan proyek akan menjadi lebih efektif” sambung Aji. Dengan demikian, semua tahapan pengerjaan proyek dapat direncanakan dan diperhitungkan sejak awal agar sumber daya yang diperlukan dapat dipersiapkan sesuai rencana.

Untuk mendapatkan Sertifikat ISO 19650, HKI telah melakukan berbagai persiapan mulai dari training, gap analysis, dan perubahan prosedur proses bisnis BIM sesuai dengan standarisasi ISO 19650. Sementara, proses sertifikasi ISO BIM terdiri dari sejumlah tahap yakni audit stage 1 terkait prosedur dan scope dari penggunaan BIM pada HKI, serta audit stage 2 terkait implementasi BIM pada proyek.

Adapun ISO 19650 merupakan standar internasional untuk mengelola informasi selama masa life cycle proyek yang dibangun menggunakan sistem BIM. Penerapan dan sertifikasi ISO 19650 dapat membantu HKI dalam pengembangan proses bisnis maupun dalam bidang engineering terutama pada penerapan sistem BIM. Sehingga, sistem BIM pada perusahaan dapat dikelola dan dikembangkan sesuai standar internasional ISO 19650.

QFS Indonesia merupakan salah satu Badan Sertifikasi ISO, Akan membantu Bisnis dan Organisasi Anda dalam

menerapkan dan tersertifikasi ISO dengan proses mudah

Mau Proses Sertifikat ISO dengan Proses Mudah, Valid Absah Plus bisa dapat Dokumen Pendukung ISO serta

Pelatihan ISO?

Untuk lebih lanjut, silahkan hubungi kami.