Dengan ISO 9001:2015, Asuransi Bintang Lakukan 5 Hal Penting


PT Asuransi Bintang Tbk (ASBI) sudah menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dan melakukan beberapa langkah untuk mendukung rencana tersebut. Salah satu langkah yang ditempuh yaitu pengembangan SDM, sampai Penyediaan mobile tablet yang sudah dilengkapi dengan aplikasi Sales Force Automation (SFA) kepada tenaga sales.

Selain itu, Asuransi Bintang juga melakukan beberapa upaya untuk menjaga kualitas layanan kepada pelanggan dalam melakukan model kerja Work From Home (WFH). Beberapa langkah yang dilakukan yaitu penerapan stress test, cash flow monitoring secara harian, monitoring pencapaian Key Performance Indicator (KPI).

Kemudian dilakukan juga service level agreement (SLA) dalam model kerja yang baru, sampai evaluasi model kerja WFH. Hal ini dilakukan sebagai bentuk keperdulian perusahaan dalam meningkatkan performa pegawai dalam menjalankan pekerjaannya. Perusahaan memberikan tunjangan lebih besar seperti tambahan biaya internet dan listrik untuk pegawai yang melakukan kerja dari rumah.

Asuransi Bintang memang berencana untuk menerapkan ISO 9001:2015 sejak sebelum pandemi atau sekitar akhir 2019. WFH- Less Office menjadi langkah yang diambil oleh Top Manajemen supaya pegawai tetap dapat bekerja dengan kondisi yang aman dan produktif.

Hal tersebut diputuskan juga dengan melihat kesiapan perusahaan dengan sudah diterapkannya media dan sistem kerja digital yang digunakan oleh ASBI sebelumnya. Untuk mendukung model kerja baru tetap memberikan kualitas hasil sesuai yang diharapkan, maka Rencana Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 disesuaikan dengan kondisi model kerja tersebut.

Dalam proses pengembangannya, Asuransi Bintang membentuk Komite ISO yang terdiri dari perwakilan masing-masing bagian unit kerja yang bertugas secara khusus untuk melakukan kajian dan pengkajian terhadap sistem, kebijakan, prosedur, dan instruksi kerja guna memenuhi persyaratan yang ada pada Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015.

Bahkan sebelum melakukan penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015, Asuransi Bintang sudah melakukan penyesuaian bisnis dan teknologi sehingga mampu beradaptasi, bertumbuh, dan berkembang sampai saat ini.

Sumber : CNBC Indonesia

QFS Indonesia merupakan salah satu Badan Sertifikasi ISO, Akan membantu Bisnis dan Organisasi Anda dalam menerapkan dan tersertifikasi ISO dengan proses mudah

Mau Proses Sertifikat ISO dengan Proses Mudah, Valid Absah Plus bisa dapat Dokumen Pendukung ISO serta Pelatihan ISO ?
Untuk lebih lanjut, silahkan hubungi kami.