BTKLPP Ambon Raih Sertifikat ISO/IEC 17025:2017


Tahun ini Balai Teknik kesehatan lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) kelas II Ambon mendapatkan Sertifikat Akreditasi SNI ISO/IEC 17025:2017.

Demikian penjelasan Kepala BTKLPP Ambon, Budi Santoso di Ambon, Minggu (28/6/2020).

Dijelaskan, sertifikat Akreditasi kepada BLTKPP Ambon sebagai Laboratorium pengujian, berstandar Internasional di Asia Pasific.

“Akreditasi ini diberikan oleh Komite Akreditasi Nasional Badan Standardisasi Nasional,” katanya.

Dijelaskan yang menjadi standarisir pada pengujian tersebut ada 6 area yang harus distandarisir menurut ISO, dan pada pengujian tersebut ada parameter-parameter yang harus standarisasi.

BTKLPP Ambon kemarin mendaftarkan sekitar 43 parameter pengujian yang diantaranya Air, Udara, lingkungan kerja, makanan dan minuman.

Untuk air, kata Santoso, tercakup air bersih, minum, air sungai dan air limbah, dan parameter yang diperiksa adalah pencemar air, atau parameter yang menjadi standar sebuah air bersih

“Standar untuk menjadi air bersih dan minum adalah Nitrat, Nitrit, derajat keasaman, kandungan organik, kandungan An organik, besi, mangan,” terangnya.

Untuk udara ada beberapa parameter yang termasuk didalamnya untuk kebisingan dilingkungan kerja, seperti industri, pemukiman maupun RS.

“Parameter pencemar udara terdiri dari Nitrat, Nitrit , Debu / Total Suspendit Particular (TSP) yang diukur juga,” ucapnya.

Ia menambahkan Surveiland sebagai lembaga penjamin mutu akan terus memantau BTKLPP Ambon secara periodik selama 5 tahun sampai 25 tahun masa akreditasi, dan untuk tahun 1 sampai ke 5 surveiland akan memantau kerja di Balai

Ia berharap nantinya BTKLPP Ambon dapat lebih banyak berperan dan memberi pelayanan bagi masyarakat dan terlebih kepada provinsi Maluku.

QFS Indonesia merupakan salah satu Penyedia Badan Sertifikasi ISO, Akan membantu Bisnis dan Organisasi Anda dalam menerapkan dan tersertifikasi ISO dengan proses mudah

Mau Proses Sertifikat ISO dengan Proses Mudah, Valid Absah Plus bisa dapat Dokumen Pendukung ISO serta Pelatihan ISO ?
Untuk lebih lanjut, silahkan hubungi kami