sertifikat iso 14001

Sertifikasi ISO 14001

Sertifikasi ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan

Sertifikasi ISO 14001 – Sedang Cari dan Register ISO 14001 untuk Perusahaan ? QFS Indonesia dapat bantu dengan layanan Terbaik :}

Sertifikasi ISO 14001 – Pengenalan Sistem Manajemen Lingkungan 

Sertifikasi ISO 14001 merupakan standar internasional yang menetapkan permintaan untuk sistem manajemen lingkungan( SML) yang efisien. Sertifikasi ISO 14001 menyediakan Konsep yang bisa diikuti oleh industri atau organisasi.

Sebagai komponen dari keluarga standar ISO 14000 mengenai manajemen lingkungan, Standar ISO 14001 merupakan standar sukarela yang dapat disertifikasi oleh bidang usaha. Sertifikasi ISO 14001 bisa di integrasikannya dengan standar sistem manajemen yang lain, paling umum yaitu ISO 9001, yang  dapat membantu dalam menggapai tujuan organisasi

Dukungan ISO 14001: 2015 sejalan dengan era Industrialisasi serta modernisasi yang bertumbuh cepat telah menghasilkan resiko lingkungan dalam bermacam aspek. Mempertimbangkan Resiko Pemanasan Global, kontaminasi tanah, kontaminasi air, kontaminasi yang baik, Standar ISO 14001 berpusat pada penurunan semua jenis kontaminasi dengan mengacu pada persyaratan hukum serta perundangan yang jika didukung bisa mensupport dalam mengurangi kontaminasi lingkungan. Standar Sertifikasi ISO 14001 membantu organisasi untuk berpikir dan bertindak atas dampak lingkungan serta membantu mengurangi dampak tersebut.

Penerapan standar ISO 14001:2015 terutama tergantung pada beberapa faktor utama sebagaimana didefinisikan di bawah ini.

  • Kebijakan, Prosedur & Praktek Saat Ini
  • Masalah Lingkungan Organisasi
  • Tujuan lingkungan organisasi
  • Lingkup (Kegiatan, Produk atau Layanan) SML dari Organisasi
  • Aspek Dampak Lingkungan organisasi
  • Persyaratan Hukum & Peraturan

Menyelamatkan lingkungan merupakan masalah yang sangat sensitif dan menjadi perhatian di seluruh dunia, memicu kekhawatiran tentang proses pembuatan, pengemasan, dan penggunaan dan pembuangan produk. Pada bulan September 1996, Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) menerbitkan Sertifikasi ISO 14001, standar sistem manajemen lingkungan sukarela yang sejak itu dianut oleh perusahaan-perusahaan seperti Kodak, Sony, dan Toyota. Pabrikan dan pemasok perangkat medis A.S. juga dapat mengambil manfaat dari penerapan ketentuan standar ini, terutama karena beberapa negara di Asia sedang mempertimbangkan untuk membuat kepatuhan ISO 14001 wajib untuk menjalankan bisnis di negara mereka. Lebih lanjut, sebagian besar perusahaan menemukan bahwa biaya penerapan sistem manajemen lingkungan berbasis ISO 14001 dapat diperoleh kembali dalam waktu dua tahun melalui perolehan efisiensi dan pengurangan biaya.

Agar berlaku secara universal mungkin, Sertifikasi ISO 14001 tidak menetapkan persyaratan kinerja lingkungan. Sebaliknya, standar ditulis untuk diterapkan pada organisasi dari semua jenis dan ukuran dalam situasi geografis, budaya, sosial, dan ekonomi yang beragam. Ia berupaya menyeimbangkan kebutuhan sosial ekonomi dan bisnis dengan perlindungan lingkungan dan pencegahan polusi. Kepatuhan dengan ISO 14001 berada dalam jangkauan perusahaan multinasional yang kuat yang mampu menyediakan teknologi terbaik yang tersedia serta usaha kecil di negara-negara kurang berkembang. Sertifikasi ISO 14001

Penetapan

Sertifikasi ISO 14001 menyediakan sistem disiplin untuk memungkinkan organisasi mencapai tujuan lingkungan yang dinyatakan dan untuk memenuhi persyaratan peraturan, sementara secara bersamaan mencapai tujuan keuangan dan perusahaannya. Terlepas dari kemiripannya dengan ISO 9001, ISO 14001 jauh lebih ramah pengguna daripada sepupu sistem kualitasnya. Persyaratan yang dapat diaudit secara ringkas dinyatakan dalam enam bagian pada tiga halaman.

ISO 14001 mencakup elemen-elemen yang umum untuk semua sistem manajemen yang efektif dan menyatakan bahwa sistem manajemen lingkungan harus menjadi “bagian dari sistem manajemen keseluruhan yang mencakup struktur organisasi, kegiatan perencanaan, tanggung jawab, praktik, prosedur, proses, dan sumber daya untuk pengembangan, menerapkan, mencapai, meninjau, dan memelihara kebijakan lingkungan. ”

Untuk mematuhi ISO 14001, organisasi pertama-tama harus mengidentifikasi dan kemudian mengelola semua aspek lingkungan yang signifikan dari kegiatan, produk, atau layanannya. Setelah perusahaan mengidentifikasi proses yang mempengaruhi lingkungan, perusahaan dapat mengembangkan tujuan, target, dan program yang diperlukan untuk mengelola efek tersebut dan memenuhi tujuannya sendiri serta semua aturan dan peraturan lain yang berlaku.

Dalam memenuhi persyaratan Sertifikasi ISO 14001, produsen akan menggunakan sistem manajemen lingkungan yang berkembang terus menerus melalui enam fase: pengembangan kebijakan, perencanaan, implementasi dan operasi, pemeriksaan dan tindakan korektif, tinjauan manajemen, dan peningkatan berkelanjutan (Gambar 1). ISO membangun sistem manajemen ini berdasarkan lima prinsip:

Komitmen / Kebijakan. Perusahaan harus menetapkan kebijakan lingkungannya dan berkomitmen pada sistem manajemen lingkungan yang didasarkan padanya. Organisasi juga harus berkomitmen untuk mematuhi undang-undang dan peraturan yang berlaku.

Perencanaan Perusahaan harus merumuskan rencana untuk memenuhi kebijakan lingkungannya. Selama tahap ini, perusahaan harus menentukan tujuan dan target lingkungan dan menetapkan program spesifik yang akan memenuhi setiap tujuan.

Penerapan. Untuk implementasi yang efektif, perusahaan harus mengembangkan kemampuan dan mekanisme pendukung yang diperlukan untuk mencapai kebijakan, tujuan, dan target lingkungan yang ditetapkan.

Pengukuran dan Evaluasi. Perusahaan harus mengukur, memantau, dan mengevaluasi kinerja lingkungannya.

Tinjau dan Tingkatkan. Perusahaan harus meninjau dan terus memperbaiki sistem manajemen lingkungannya, dengan tujuan meningkatkan kinerja lingkungan secara keseluruhan.

Lima prinsip ini memungkinkan banyak fleksibilitas dalam membangun sistem manajemen lingkungan. Seperti yang dicatat dalam standar, “dua organisasi yang melakukan kegiatan serupa tetapi memiliki kinerja lingkungan yang berbeda keduanya dapat memenuhi persyaratan [standar].”

Lebih jauh, standar ini mengakui bahwa sistem manajemen lingkungan yang ditentukannya mungkin bukan jawaban lengkap untuk melindungi sumber daya alam Bumi:

Adopsi dan implementasi berbagai teknik manajemen lingkungan secara sistematis dapat berkontribusi pada hasil optimal bagi semua pihak yang berkepentingan. Namun, penerapan standar internasional ini tidak dengan sendirinya menjamin hasil lingkungan yang optimal.

Dalam istilah praktis, ini berarti, misalnya, bahwa Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) dapat menerima sistem manajemen lingkungan ISO 14001 hanya sebagai demonstrasi bahwa sebagian organisasi telah memenuhi persyaratan. Bukti bahwa persyaratan kinerja telah dipenuhi mungkin juga diperlukan.

Karena standar bersifat sukarela, perusahaan dapat menggunakan persyaratannya hanya sebagai tolok ukur internal, atau mereka dapat menyatakan sendiri kesesuaian atau menyewa auditor independen, pihak ketiga, atau pendaftar. Jika suatu organisasi menggunakan pendaftar pihak ketiga atau menyatakan sendiri kesesuaiannya, ia harus mampu menunjukkan secara obyektif bahwa ia telah memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh ISO 14001. Antara lain, organisasi harus mendokumentasikan kesesuaiannya dengan standar, memelihara prosedur untuk elemen kritis dari sistem manajemen lingkungannya, dan secara berkala mengaudit sistem tersebut.

Perbedaan utama antara deklarasi sendiri dan pendaftaran pihak ketiga adalah bahwa pendaftaran memberikan verifikasi yang obyektif dan profesional bahwa sistem manajemen lingkungan organisasi memenuhi persyaratan Sertifikasi ISO 14001.

Manfaat Sertifikasi ISO 14001

Mempertimbangkan kepedulian dunia terhadap aspek pemanasan global dan aspek lingkungan saat ini, setiap negara memiliki komitmen terhadap masalah lingkungan. Dalam skenario seperti itu Sertifikasi ISO membantu organisasi dalam banyak hal, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Implementasi dari Sertifikasi ISO 14001 membantu Organisasi untuk mengurangi biaya penanganan limbah.

Implementasi Sertifikasi ISO 14001 membantu untuk menangani situasi dampak lingkungan dengan cara yang lebih terorganisir yang membuat organisasi berpikir tentang dampak pada area lain sambil mengikuti sistem apa pun.

  • Mengurangi risiko tanggung jawab lingkungan, hukum, dan hokum
  • ISO 14001 berfokus pada pemanfaatan sumber daya alam yang lebih baik.
  • ISO 14001 meningkatkan profitabilitas dengan menghemat energi
  • ISO 14001 Meningkatkan merek Organisasi.
  • ISO 14001 memberikan faktor perasaan yang baik ketika kita bekerja untuk perbaikan lingkungan.
  • Peningkatan berkelanjutan kinerja lingkungan.
  • Proses melalui PDCA (plan Do Check Act)
  • Sertifikasi SML juga membantu untuk Meningkatkan Profitabilitas
  • SML membantu bisnis untuk memastikan kepatuhan yang lebih baik terhadap persyaratan hukum & peraturan.

 Terapkan untuk Sertifikasi ISO 14001 Dari Sertifikasi QFS Indonesia Akreditasi IAS

Setelah formulir Aplikasi diterima oleh SIS, tindakan dan proses di bawah ini harus diadopsi.

  • Tinjauan formulir aplikasi untuk Sertifikasi ISO 14001
  • Quotation untuk Sertifikasi ISO 14001: 2015
  • Kontrak Perjanjian.
  • Tahap 1 Audit – Kunjungan Pra-Penilaian – Dokumentasi dan persiapan verifikasi status audit.
  • Audit Tahap 2 – Audit proses akhir untuk memverifikasi penerapan standar untuk Sertifikasi ISO 14001.
  • Penutupan N.C dan tanda terima pembayaran pada tahap yang relevan.
  • Audit khusus (Jika Diperlukan)
  • Audit pengawasan – untuk melihat apakah standar – ISO 14001: 2015 diikuti dan diimplementasikan dengan baik.
  • Sertifikasi ISO 45001, Ulang setelah siklus sertifikasi selesai.

Biaya:

Berapa biaya Untuk Aplikasi Sertifikasi ISO 14001?

Biaya sertifikasi ISO 14001 bervariasi dari satu organisasi ke organisasi lain. Biaya Sertifikst ISO 14001 dihitung tergantung pada jenis, ukuran, jumlah karyawan, sifat organisasi dan berbagai faktor lainnya.

Untuk mendapatkan Penawaran Sertifikasi ISO 45001 yang tepat, silakan hubungi kami

 

error: Content is protected !!