Penuhi 7 Manajemen Mutu, BTN Kantongi Sertifikasi ISO 9001:2015


PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meraih Sertifikasi ISO 9001:2015 atas prestasi yang diperolehnya dalam melakukan handling layanan nasabah. Bank BTN dinilai oleh BSI layak menerima sertifikat ISO 9001:2015 karena telah memenuhi tuntutan 7 prinsip Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2015.

Sertifikasi tersebut diterima perseroan dari BSI (British Standard Institute), salah satu lembaga sertifikasi yang merupakan counterpart dari national standards body United Kingdom yang telah tersertifikasi secara International dan merupakan member of IAF (International Acreditation Forum).

 

“Kami menerima dengan baik dan sangat bergembira atas sertifikasi ISO 9001:2015 yang diberikan oleh BSI kepada BTN atas prestasi dari hasil penilaian perseroan dalam melaksanakan handling pelayanan nasabah. Dalam penilaian BSI, Bank BTN telah memenuhi customer focus, leadership, proses approach, engagement of people, improvement, evidence based decision making, dan relationship management,” jelas Direktur Bank BTN Dasuki Amsir saat menerima sertifikasi tersebut di Jakarta (26/2).

Menurut Dasuki, sertifikasi tersebut merupakan buah dari komitmen perseroan sebagai salah satu Bank BUMN yang memberikan layanan prima untuk meningkatkan kepuasan nasabah dengan tanggap terhadap pengaduan dan memberikan jawaban yang akurat serta memberikan pelayanan yang tepat waktu sesuai dengan SLA dan Peraturan yang berlaku.

Dengan telah diterapkannya 7 prinsip SMM ISO 9001:2015 di BTN, Dasuki meyakini layanan pengaduan nasabah Bank BTN dapat memenuhi kepuasan seluruh nasabah secara konsisten dan memenuhi standart. Di samping itu implementasi standarisasi ISO 9001:2015 yang diterima Bank BTN diharapkan akan dapat meningkatkan loyalitas nasabah kepada BTN.

 

Menurutnya, ada satu tantangan untuk Bank BTN agar bagaimana dengan diperolehnya sertifikasi ISO 9001:2015 ini akan menjadi lebih baik dalam menangani keluhan atau complain nasabah dan berlaku standart di seluruh kantor cabang Bank BTN.

“Kami memberikan komitmen itu untuk dapat dilaksanakan secara nasional di seluruh kantor layanan Bank BTN, sehingga seluruh nasabah perseroan akan terlayani dengan baik,” tegas Dasuki.

ISO 9001 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Suatu lembaga/organisasi yang telah mendapatkan akreditasi (pengakuan dari pihak lain yang independen) ISO tersebut dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen mutu produk/jasa yang dihasilkannya.

Sistem manajemen mutu mengacu pada apa yang organisasi lakukan untuk mengelola proses, atau aktivitas, sehingga produk atau jasa memenuhi tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

 

Rangkaian proses sertifikasi yang dilaksanakan bersama dengan PT. BSI melalui 5 tahapan yaitu; Gap Assessment; Requirement Training Course; Implementation, Documentation and Workshop; Internal Auditor Training Course and Live Audit; dan Document Review dan keseluruhan rangkaian tersebut telah dilaksanakan dengan baik oleh Bank BTN. [azz]

 

Kami QFS Indonesia, Badan Sertifikasi ISO merupakan Penyedia Penerbitan Sertifikasi ISO Akreditasi IAS di Indonesia. Untuk Informasi lebih lanjut, silhakna hubungi kami

Sumber : www.merdeka.com