Ketentuan Serta TUJUAN INTERNAL AUDIT ISO 9001

Audit Internal merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi dalam menerapkan ISO 9001:2015. Audit Internal harus dilakukan untuk memonitor dan mengukur kesesuaian penerapan dan kinerja Sistem Manajemen Mutu di seluruh bagian.

Auditor Internal SMM ditunjuk harus :

  • Independen, yaitu tidak mengaudit area kerja nya sendiri
  • Kompeten, yaitu auditor yang telah mengikuti pelatihan Audit Internal SMM serta memahami tahapan pelaksanaan Audit Internal sesuai dengan Prosedur Audit Internal SMM yang telah ditetapkan.

Qfs Indonesia Merupakan Jasa Sertifikasi ISO terakreditasi IAS

Tujuan dari Internal audit ISO sendiri adalah untuk memberikan pelayanan kepada organisasi, dalam rangka membantu semua anggota organisasi tersebut. agar semua anggota organisasi dapat melaksanakan tanggung jawab yang dibebankan kepadanya secara efektif, atau lebih jauh lagi mencapai efektivitas optimal.

Semua pemeriksaan intern tersebut dilakukan melalui analisis-analisis, penilaian-penilaian, saran-saran, bimbingan dan informasi mengenai aktivitas yang diperiksanya.

Syarat Pelaksanaan Internal Audit ISO 9001

Adanya kriteria / Reference terkait dengan pekerjaan / aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan, kriteria tersebut diantaranya adalah ISO 9001 standard, Prosedur kerja, Instruksi Kerja, Kebijakan Perusahaan, Form, Surat Edaran, dll yang mengatur aktivitas di dalam perusahaan.

  1. Adanya Bagian atau Departemen yang akan diaudit dan Tim Auditee yang akan menghadapi Auditor.
  2. Adanya Tim Audit Internal yang sudah memahami Internal Audit ISO 9001
  3. Adanya jadwal/ Pengaturan Internal Audit yang akan dijalankan.

Tujuan Audit Internal ISO 9001

Ada beberapa tujuan  dari internal audit  sistem manajemen mutu

  1. Untuk melihat kesesuaian antara kriteria dan aktual implementasi dilapangan
  2. untuk melihat potensi perbaikan berkelanjutan dari SMM yang dibangun
  3. Untuk melakukan / menyelidiki departemen / bagian yang lemah dalam implementasi ISO 9001:2015
  4. Untuk memenuhi Persyaratan ISO 9001

Dokumentasi Informasi yang diperlukan Saat melakukan Internal Audit ISO 9001

  1. Program Audit
  2. Jadwal Audit
  3. Daftar Hadir Peserta Audit
  4. Ceklist Audit
  5. Laporan Audit
  6. Tindak Lanjut Audit
  7. Rekap/ Monitoring Tindak Lanjut Audit

Hasil Audit Internal

  1. Ketidaksesuaian (Non Compliance) yaitu temuan yang menunjukkan bahwa bagian belum melaksanakan proses sesuai dengan prosedur. Penyimpangan terhadap prosedur ini akan menghasilkan Laporan Tindakan Perbaikan Dan Pencegahan (LTPP) yang harus dilaksanakan tiap bagian untuk dapat segera memperbaikinya.
  2. Kesesuaian (Compliance) yaitu temuan yang menunjukkan bahwa bagian telah melaksanakan proses sesuai prosedur yang ditetapkan.
  3. Observasi (Opportunity for Improvement) yaitu saran auditor terhadap pelaksanaan proses untuk meningkatkan efektifitas atau mutu pelaksanaan proses terkait.

Kami QFS Indonesia, Badan Sertifikasi ISO merupakan Penyedia Penerbitan Sertifikasi ISO Akreditasi IAS di Indonesia. Untuk Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami